Alasan Buruk Pindah Kerja


Ada beberapa alasan buruk pindah kerja yang sering dilakukan oleh beberapa orang,diantaranya :

  1. Pindah Kerja Karena Gaji. Gaji seharusnya tidak menjadi satu-satunya faktor penentu Anda bekerja. Gaji besar tapi pekerjaannya tidak sesuai dengan keahlian Anda, gaji besar tapi harus terpisah dari keluarga, gaji besar tapi sistem manegemennya lebih buruk,bisamenjadi masalah dilain waktu.

    Bisa gak Pake sabun, hehehe

    Bisa gak Pake sabun, hehehe

  2. Pindah Kerja Karena Teman Anda Sukses di Sana. Teman Anda sukses diperusahaan A. Ia mendapat banyak fasilitas, gaji tinggi, prospek cerah.Tapi, ingatlah bahwa memilih tempat kerja sering kali seperti memilih jodoh. Yang cocok untuk seseorang belum tentu cocok untuk Anda, meskipun Anda berdua mungkin kuliah dijurusan yang sama, punya niat sama dan lain-lain. Intinya, tetaplah pertimbangkan matang-matang.
  3. Pindah Kerja Tanpa Yakin Skill Anda Mencukupi. Perusahaan bergengsi,atau profesi bergengsi dan disorot oleh banyak orang (mis:bekerja di media/entertainment) sering kali membuat orang tergiur. Padahal, faktanya apa yang tampak itu sering kali tidak semudah kelihatannya.
  4. Pindah Kerja Tanpa Berkonsultasi. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga,mengambil keputusan untuk pindah kerja bisa mengakibatkan perubahan yang cukup signifikan dalam keluarga Anda  dan juga diri Anda sendiri. Jadi, pastikan Anda sudah berdiskusi (bukan hanya memberi tahu) keluarga jika Anda punya rencana Pindah kerja. Minta juga pendapat mereka yang lebih berpengalaman, misalnya.
  5. Pindah Kerja Karena Ingin Saja. Dengan kata lain, Anda pindah kerja tanpa alasan jelas. Mungkin Anda bahkan hanya ingin berganti suasana (yang sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus berpindah kerja). Ini jelas bukan alasan yang baik. Kerap terjadi, mereka yang pindah kerja hanya karena ingin saja, juga tidak akan bisa meraih hasil yang maksimal ditempat kerja baru, dan bahkan bisa berpindah lagi.
  6. Pindah Kerja Karena Tempat Kerja Pertama Saya Ini Tidak Sesuai Harapan. Ini sering menjadi alasan para fresh graduate yang baru bekerja disatu tempat. Mungkin waktu kuliah mereka punya impian akan bisa bekerja diperusahaan besar, posisi nyaman,fasilitas terjamin, dan gaji besar. Tapi, ternyata kenyataan sekarang sama sekali beda. Jika memang kenyataannya Anda sudah berkarier cukup lama dan tidak mendapat kemajuan sama sekali, ini masih bisa dimaklumi. Tapi, Jika Anda baru bekerja selama setahun, misalnya, sadarilah bahwa kesuksesan tidak datang begitu saja. Perlu waktu dan juga kesabaran serta ketekunan untuk memperolehnya.
  7. Pindah Kerja Hanya Karena Melihat Keuntungannya. Setiap pekerjaan selalu ada untuk dan ruginya. Tempat kerja yang sekarang atau yang Anda ingini punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Jika kita hanya mempertimbangkan keuntungan, tanpa melihat ruginya pindah kerja, maka kita akan kecewa. Lakukan introspeksi dan evaluasi menyeluruh. Jangan terlalu mudah untuk percaya iming-iming bahkan nasihat orang.
  8. Pindah Kerja Karena Nilai Barang Hilang (NBH). Ini sering kali menjadi alasan yang bekerja di dunia ritel atau minimarket. Bahkan tidak sedikit yang ingin pindah kerja karena alasan ini. Bagi Anda yang bekerja di dunia ritel ini adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi bersama. Tidak ada pekerjaan yang tidak ada resikonya, inilah yang harus Anda tanamkan dalam pikiran Anda. Anda harus mencari solusi untuk menekan NBH, contohnya membentuk tim yang bisa dipercaya danbisa diajak kerjasama, bekerja sesuai dengan SOP perusahaan dan tentu kejujuran dari diri Anda sendiri adalah hal yang utama.

(Dikutip dari smartbook renungan harian Spitit Motivator edisi April 2012, hal 11-11. Poin 8 berdasarkan pengamatan sendiri ,:-))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s