Kiat Berjiwa Besar


Kebebasan jiwa dan pola pikir kita tidak diperoleh melalui pendidikan akademik, tetapi tumbuh dari setiap pengalaman-pengalaman yang kita lalui. Teori memang dibutuhkan dalam pengenalan, namun yang paling berperan selanjutnya adalah prakteknya. Sehingga bisa kita artikan bahwa semakin banyak kita melatih diri kita untuk berjiwa besar, semakin cepat pula proses pengembangan kepribadian kita. Tentunya hal tersebut akan membawa kita menjadi pribadi lebih disukai oleh orang. Nah, kira-kira bagaimana sih sikap dan pola pikir yang bisa membentuk kita menjadi pribadi yang “berjiwa besar” tersebut..? Yuk kita sama-sama memperlajarinya…

  1. Beranilah mengakui kesalahan yang kita perbuat-Hanya orang yang berjiwa kerdil yang suka menyembunyikan kesalahannya dan menjadikan orang lain kambing hitam.
  2. Belajarlah untuk memaafkan kesalahan orang lain– Hanya yang berjiwa besar dapat memaafkan, orang yang lemah cenderung mudah membenci dan menyalahkan orang lain.
  3. Berani bertanggung  jawab atas apapun yang kita lakukan dan katakan-Orang-orang dengan sikap buruk biasanya tidak berani bertanggung jawab.
  4. Tingkatkan terus rasa percaya diri kita– Hindari kebiasaan yang suka membandingkan dengan orang lain. Mungkin mereka lebih hebat dan pandai, tetapi semua itu bukan sebagai tolak ukur untuk menilai kita berarti atau tidak.
  5. Berusahalah untuk tetap bersikap tenang dalam situasi dan kondisi seburuk apapun-Hindari pengambilan keputusan yang tergesa-gesa ketika pikiran dan perasaan kita sedang tidak menentu, apalagi dalam keadaan emosional.
  6. Belajarlah untuk bersikap rendah hati-Jauhi kebiasaan menyombongkan diri atas prestasi atau keunggulan apapun yang kita miliki. Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing.
  7. Beranilah mengakui kesalahan, kelemahan dan keterbatasan kita– Pelajari letak kesalahan kita dan perbaiki. Hal itu akan membawa kita kearah yang lebih pisitif.
  8. Bersikaplah optimis– Pandanglah masa depan dengan penuh harapan dan impian. Percayalah bahwa kita akan berhasil, maka kita akan berhasil, demikian juga hal yang sebaliknya.
  9. Biasakan diri kita untuk tidak takut mengambil resiko– Kenyamanan tidak akan membawa pelajaran kehidupan untuk kita.
  10. Bersikaplah tegas dalam membela hak-hak kita. Jangan takut terhadap penolakan dan jangan alergi terhadap perbedaan– Jangan berusaha menyenangkan orang lain yang sampai mengorbankan harga diri. Jangan merasa tidak enak dengan sikap pro dan kontra selama berdiri pada prinsip yang benar.
  11. Jangan takut gagal– Kegagalan memberikan banyak sekali pelajaran yang berharga. Orang yang berjiwa besar biasanya dibesarkan oleh kegagalan, tapi sebaliknya, orang yang berjiwa kerdil umumnya dilumpuhkan oleh kegagalan.

Dikuti dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s