Mengubah Dunia, Mulai dari Diri Sendiri


Mari kita meluruskan pandangan kita untuk mengubah dunia ini. Dulu saya bercita-cita untuk mengubah dunia ini, “Dunia tanpa kekerasan” adalah impian saya saat ini untuk dua puluh tahun kedepan. Saya juga ingin mengubah bangsaku, “Indonesia Damai Sejahtera” adalah impianku saat ini untuk sepuluh tahun kedepan. Saya juga ingin mengubah pulauku, “Nias, Yerusalemnya Indonesia” adalah impianku saat ini untuk lima tahun kedepan. Saya juga ingin mengubah keluarga besarku, “Keluarga rukun” adalah harapanku satu tahun lagi. Saya juga ingin mengubah keluarga kecilku, “Keluarga kasih” adalah hal yang harus saya wujudkan buat orang tua dan saudara-saudaraku tahun ini juga. Dibalik semuanya itu, yang sangat saya rindukan untuk dapat berubah adalah diriku sendiri. “Dunia dalam Semy” adalah impianku saat ini juga, detik ini juga dan sekarang juga.

I need change now! I want the world can be change to be better again. But, Now I new know to change the my world, to change the my country, to change the my Nias Island, to change the my big family and to change the my small family must begin change my self. Began in our self.

Inilah pemahaman yang salah selama ini. Manusia mau semuanya mengalami perubahan dan mereka mau dunia ini berubah padahal mereka tidak tahu bahwa untuk memulainya harus dari diri sendiri. Mulaialah dari diri sendiri. Untuk mengubah diri sendiri kita harus :

  1. Mengubah pola pikir (Berani bertindak, tidak takut salah, mau belajar, memandang dari sisi yang berbeda, dll)
  2. Tidak membiarkan pikiran dan tindakan kita di kendalikan oleh pendapat dan pikiran orang lain (tidak bergantung kepada orang lain, dll)
  3. Tidak membiarkan masa lalu menghentikan langkah kita, masa lalu tidak mampu menolong sedikitpun dan masa lalu tidak berhak menghalangi langkah kita untuk berubah dan maju.
  4. Mulai sekarang juga. Bertindak sekarang juga, mulai dari langkah awal dan jangan tunggu hari esok karen hari esok belum tentu datang.

“Buatlah hari ini menjadi masa lalu yang menginspirasikan buat masa depan”

Tinggalkan Balasan

