Pengacara di mata Haji dan Pendeta


Pak Haji bilang pengacara  adalah orang yang pertama masuk sorga karena pengacara hanya meminta dan memohon. Kalau seseorang bersalah karena membunuh maka pengacara hanya memohon kepada hakim agar kesalahan orang tersebut diteliti secara detail. Kalau masih bisa dimaafkan atau diampunkan, mengapa harus dihukum? Dalam konteks ini, Pak Haji menambahkan bukan berati pengacara membela orang yang salah karena dimata pengacara tidak ada orang yang bersalah berdasarkan azas praduga tak bersalah. Pak Haji juga setuju kalau pengacara itu ibarat nabi.

Sementara itu, Pak Pendeta bilang Pengacara adalah orang yang paling banyak menghuni neraka. Di mata Pendeta pengacara yang paling banyak membela orang yang bersalah. Kalau salah tetap salah, mengapa harus dibela? Kalau seseorang bersalah karena membunuh maka orang itu tetap salah dan berdosa apapun alasannya membunuh. Orang tersebut harus menerima konsekuensi dari perbuatannya. Pak Pendeta juga curiga kalau pengacara yang paling banyak memutar balikkan fakta, yang salah dibenarkan yang benar disalahkan.

Menurut saya, pengacara juga manusia. Bisa benar bisa salah. Soal masuk sorga tergantung keselamatan yang dia terima.

NB:

Pernah seorang Pendeta bertanya kepada saya, “Semy, kamu mau jadi apa?”. Saya jawab, ” Saya mau jadi Pengacara?”.  Berarti kamu mau membelokan yang benar dan hukum, karena banyak pengacara yang memutar balikkan fakta. Yang benar bisa salah yang salah bisa benar, demikian Pendeta itu menjelaskan. Kemudian saya menjawab, “Justru karena banyak yang memutar balikkan faktalah makanya saya mau jadi Pengacara, untuk meluruskan hal itu kita harus masuk didalamnya”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s